Kamis, 03 Januari 2013

Negara Bagian Nevada

Nevada adalah sebuah negara di wilayah barat, pegunungan barat, dan barat daya Amerika Serikat. Nevada adalah yang paling luas 7, yang paling padat penduduknya ke-35, dan paling padat penduduknya 9 dari 50 Amerika Serikat. Lebih dari dua-pertiga orang Nevada tinggal di satu daerah tunggal, Clark County, yang berisi Las Vegas-Paradise wilayah metropolitan, di mana tiga negara kota yang tergabung terbesar berada. Ibukota Nevada adalah Carson City.

Nevada sebagian besar gurun dan semi kering, dengan sebagian besar terletak di dalam Great Basin. Wilayah selatan dari Great Basin berada dalam Gurun Mojave, sementara Danau Tahoe dan pegunungan Sierra Nevada terletak di tepi barat. Sekitar 86% dari tanah negara dimiliki oleh pemerintah federal AS di bawah berbagai yurisdiksi, baik sipil maupun militer.

Nama Nevada berasal dari Nevada dekat pegunungan Sierra, yang berarti "yang tertutup salju pegunungan" dalam bahasa Spanyol. Tanah terdiri dari negara modern itu dihuni oleh penduduk asli Amerika dari Paiute, Shoshone, dan suku Washoe sebelum kontak Eropa. Hal ini kemudian diklaim oleh Spanyol sebagai bagian dari Alta California sampai Perang Kemerdekaan Meksiko membawanya di bawah Meksiko kontrol. Amerika Serikat memperoleh wilayah pada tahun 1848 menyusul kemenangannya dalam Perang Meksiko-Amerika dan daerah akhirnya dimasukkan sebagai bagian dari Wilayah Utah pada tahun 1850. Penemuan perak di Comstock Lode tahun 1859 menyebabkan ledakan populasi yang merupakan dorongan untuk penciptaan Nevada Wilayah dari Wilayah Utah Barat pada tahun 1861. Nevada menjadi negara ke-36 pada tanggal 31 Oktober 1864.

Pembentukan perjudian disahkan dan toleran perkawinan dan perceraian proses di abad ke-20 berubah Nevada menjadi tujuan wisata utama. Nevada adalah satu-satunya negara di Amerika Serikat di mana prostitusi adalah legal. Industri pariwisata tetap majikan Nevada terbesar, dengan pertambangan terus menjadi sektor besar ekonomi sebagai Nevada adalah produsen terbesar keempat emas di dunia.

Nevada secara resmi dikenal sebagai "Silver State" karena pentingnya perak untuk sejarah dan ekonomi. Hal ini juga dikenal sebagai "Negara Pertempuran Born" karena mencapai kenegaraan selama Perang Sipil dan "Negara Sagebrush" untuk pabrik eponymous asli.

Nama "Nevada" berasal dari Nevada Spanyol [neβaða], yang berarti "tertutup salju", setelah Sierra Nevada ("pegunungan yang tertutup salju") pegunungan.

Nevadans biasanya mengucapkan suku kata kedua dari nama negara mereka menggunakan æ / / vokal "buruk". Banyak dari luar Amerika Serikat Barat mengucapkannya dengan / ɑ ː / vokal "ayah" / nəvɑ ː də /. Meskipun pengucapan yang terakhir ini lebih dekat dengan pengucapan Spanyol, itu bukan pengucapan disukai oleh penduduk setempat. Khususnya, George W. Bush membuat kecerobohan selama kampanye untuk Pemilihan Presiden tahun 2004 US. Pembenaran kemudian datang ketika Presiden Bush berkampanye di Reno-Sparks Convention Center pada tanggal 18 Juni 2004. Presiden membuka pembicaraannya dengan menyatakan bahwa "Ini bagus untuk berada di sini di Nevada / nəvædə /," menekankan benar 'a' - kerumunan meraung persetujuan ketika ia terang-hati mencatat, "Kau tidak berpikir aku akan mendapatkan benar, apakah ya "? Bush kemudian membawa negara dalam pemilu. Assemblyman Harry Mortenson telah mengajukan RUU untuk mengenali pengucapan alternatif (quasi-Spanyol) dari Nevada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar