Sabtu, 19 Januari 2013

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Memang Mantab

Orang sudah banyak yang kenal manfaat kunyit bagi kesehatan. Kunyit adalah rempah-rempah yang berasal dari akar tanah kering longa Curcuma, asli tanaman ke India dan Indonesia dengan manfaat kesehatan kunyit yang digunakan selama puluhan generasi. Meskipun akar memiliki kulit cokelat tebal dan daging jeruk, kunyit adalah warna kuning-oranye yang mendalam dari mana ia memperoleh julukan saffron India. Kunyit telah digunakan sebagai obat tradisional selama ribuan tahun, tetapi paling dikenal saat ini untuk keperluan kuliner. Kunyit memberikan mustard kuning Amerika warna cerah kuning, dan itu adalah salah satu bahan utama dalam masakan kari. Ini memiliki rasa, pahit pedas dan memberikan dari aroma yang mirip dengan campuran kulit jeruk dan jahe.

Sejarah Kunyit

Bukti menunjukkan bahwa kunyit telah digunakan selama lebih dari 5.000 tahun. Penggunaannya dimulai di Indonesia dan India, di mana ia menjadi obat Ayurvedic dihargai di mana manfaat kesehatan kunyit digunakan secara ekstensif. Penggunaan kunyit untuk tujuan baik kuliner dan medis mulai menyebar di abad berikut, pertama mencapai Cina dan Timur Tengah. Timur Tengah diperkenalkan kunyit untuk pedagang Eropa di abad ke-13. Hari ini, kunyit masih dipanen terutama di India dan Indonesia, tetapi juga merupakan ekspor penting di banyak negara lain, seperti Cina, Taiwan, Filipina, Jamaika dan Haiti.

Komposisi Kunyit

Bahan aktif utama dalam kunyit adalah zat yang disebut curcumin, yang tidak beracun dan memberikan manfaat kunyit dengan pigmentasi nya. Batch yang berbeda dari kunyit mengandung curcumin berbagai tingkat, tapi kunyit suplemen dan ekstrak kurkumin dapat dibeli yang memiliki kandungan kurkumin terjamin dan merata. Nutrisi lain yang juga dapat ditemukan dalam kunyit. Nutrisi dan kuantitas 2 sendok teh, atau 4,52 gram, bubuk kunyit adalah sebagai berikut:

    Mangan - 0.36 mg
    Besi - 1,88 mg
    Vitamin B6 - 0.08 mg
    Kalium - 114.48 mg
    Diet serat - 960 mg


Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Kunyit telah digunakan sebagai bagian dari pengobatan tradisional India dan Cina selama berabad-abad, dan obat-obatan modern mulai mendukung banyak dari penggunaan dengan data ilmiah. Penggunaan yang paling luas dari kunyit adalah sebagai anti-inflamasi. Kurkumin telah terbukti untuk menghasilkan efek anti-inflamasi yang menyaingi orang-orang dari hidrokortison, fenilbutazon dan ibuprofen. Selain itu, kurkumin tidak memiliki potensi toksisitas bahwa obat-obatan lain memiliki. Beberapa kondisi yang kunyit mungkin bermanfaat adalah sebagai berikut:
Radang usus Penyakit

Curcumin adalah cara murah dan tidak beracun untuk mengobati sebagian besar bentuk penyakit radang usus (IFB), termasuk penyakit Crohn dan kolitis ulserativa. Sebuah studi medis yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa kurkumin mengurangi peradangan dinding usus dan mengurangi tukak usus. Penelitian yang sama menunjukkan bahwa curcumin juga membantu tikus obesitas untuk menurunkan berat badan. Salah satu keunggulan dari penelitian ini adalah bahwa kurkumin ditemukan efektif dalam konsentrasi hanya 0,25 persen, yang kira-kira sama seperti dalam kebanyakan kari piring.
Rheumatoid Arthritis

Kurkumin telah ditemukan untuk menjadi antioksidan yang kuat. Dengan demikian, hal itu dapat menghilangkan radikal bebas dalam tubuh merusak sel yang sehat. Dalam rheumatoid arthritis, radikal bebas bertanggung jawab untuk menyebabkan peradangan sendi dan nyeri sendi. Kombinasi antioksidan dan anti-inflamasi memberikan bantuan bagi mereka dengan ringan sampai sedang penyakit sendi. Arthritis penderita mengambil kurkumin ditemukan manfaat dari kekakuan pagi berkurang dan meningkatkan waktu berjalan maksimal.

Cystic Fibrosis
Sebuah studi pada tahun 2004 menunjukkan bahwa kurkumin dapat memperbaiki jenis yang paling umum dari cacat genetik yang menyebabkan cystic fibrosis. Cystic fibrosis adalah penyakit yang mengancam jiwa yang mempengaruhi sekitar 30.000 orang di Amerika Serikat. Cystic fibrosis menyebabkan paru-paru yang akan ditutupi oleh lendir tebal, dan juga merusak pankreas. Penyakit ini disebabkan oleh cacat lahir pada gen yang bertanggung jawab untuk memproduksi protein tertentu. Cacat yang paling umum disebut cacat DeltaF508. Kurkumin telah ditemukan untuk memungkinkan protein defectively diproduksi untuk dihilangkan oleh tubuh bukannya membangun dan membentuk lendir.

Kanker
Kurkumin telah ditemukan efektif dalam manfaat kunyit untuk kanker. Karena sifat antioksidan, itu bermanfaat untuk semua jenis kanker, namun penelitian telah terutama difokuskan pada kanker usus besar, kanker prostat, kanker payudara, kanker paru-paru, dan leukemia. Kurkumin juga efektif melawan kanker karena telah ditemukan untuk meningkatkan fungsi hati. Meskipun curcumin dapat membantu mencegah sel-sel kanker dari tumbuh, itu juga dapat memperlambat penyebaran sel kanker dengan menghambat pertumbuhan mereka. Kunyit yang paling efektif dalam memerangi kanker bila dikombinasikan dengan diet tinggi dalam sayuran menguntungkan. Kunyit dan bawang dapat membantu untuk mencegah kanker usus besar, sedangkan kunyit dan kembang kol dapat melawan kanker prostat.

Hati
Hati bertanggung jawab untuk detoksifikasi darah. Hal ini dilakukan melalui produksi enzim yang memecah racun menjadi bahan yang mudah dieliminasi oleh tubuh. Mengambil kunyit meningkatkan produksi enzim ini, sehingga meningkatkan fungsi hati. Dalam penelitian yang dilakukan pada tikus, produksi enzim meningkat sebesar 16 persen setelah 14 hari dari mengambil kurkumin setiap hari.

Penyakit Kardiovaskular
Banyak bentuk penyakit jantung yang disebabkan oleh kadar kolesterol tidak sehat. Ketika kolesterol mengoksidasi dalam darah, melekat pada dinding kapal dan menumpuk sebagai plak. Baik kurkumin dan vitamin B6 dalam kunyit dapat membantu mencegah oksidasi kolesterol. Selain itu, vitamin B6 mengatur kadar homocysteine. Homosistein bertanggung jawab atas kerusakan langsung dari pembuluh darah.

Kurkumin membantu menurunkan kadar kolesterol melalui interaksi dengan hati. Sel-sel hati mulai menghasilkan peningkatan jumlah mRNA, yang meningkatkan jumlah reseptor untuk kolesterol LDL, sehingga meningkatkan penghapusan LDL dari tubuh.

Alzheimer Penyakit
Studi baru menemukan bahwa salah satu manfaat kesehatan yang paling penting dari kunyit mungkin efektif dalam mencegah penyakit neurodegenerative, seperti penyakit Alzheimer. Penelitian dimulai ketika mencatat bahwa kasus penyakit Alzheimer sangat rendah di kalangan orang Indian tua dengan diet tinggi dalam kunyit. Penelitian pada hewan telah didukung keyakinan bahwa kunyit memperlambat penyakit Alzheimer. Diperkirakan bahwa kurkumin dapat menghambat produksi protein, IL-2, yang dikenal untuk menghancurkan selubung pelindung yang mengelilingi saraf.

Pada tahun 2004 dan 2006, dua studi membuktikan bahwa kurkumin melintasi penghalang darah-otak di mana protein yang disebut amiloid-B terakumulasi di otak dan mengganggu fungsi otak yang normal. Biasanya, protein ini dieliminasi oleh tubuh, tetapi pasien dengan penyakit Alzheimer tidak bisa lagi menghilangkan itu. Kurkumin di otak memiliki efek mogok protein ini sehingga dapat berhasil dieliminasi oleh tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar